#99 Teknik Penangkapan Ikan

 



Buku Tehnik Penangkapan Ikan ini disusun dan ditulis dengan bahasa yang sederhana dimaksudkan supaya mudah dipahami bagi para pembacanya.  Materi buku diperoleh dari pengalaman kerja dan beberapa referensi. Menurut penyusun, buku ini sangat dibutuhkan bagi pelaku penangkapan ikan dan mahasiswa yang akan mendalami mata kuliah Teknik Penangkapan Ikan.

Sulitnya untuk mendapatkan buku yang berkaitan dengan bidang penangkapan ikan. Banyak orang beranggapan buku bidang penangkapan ikan tidak sedinamis bidang ilmu lainnya, sehingga tidak banyak yang tertarik untuk menulis buku yang berkaitan dengan Teknik Penangkapan Ikan.

Indonesia merupakan negara kepulauan, maritim, bahari memiliki perairan yang luas dan di dalamnya banyak terkandung keaneragaman sumberdaya alam, termasuk kaya sumberdaya ikan. Sehingga kehadiran buku Teknik Penangkapan Ikan diharapkan dapat membantu memudahkan para pelaku usaha penangkapan ikan dan mahasiswa yang ingin mendalami bidang penangkapan ikan.

Buku ini tidak membahas semua macam alat tangkap ikan hanya membahas beberapa macam alat tangkap  yang dapat digunakan untuk usaha penangkapan ikan (commercial fishing). Buku ini membahas tentang Pelabuhan Perikanan, Kapal Perikanan, Alat Bantu Penangkapan, Daerah Penangkapan Ikan, Gill net, Purse seine, Trawl, Long line, Pole and line, dan Light fishing. Semoga buku ini bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

#107 Prinsip Kepemimpinan Penggerak

#102 Kompetensi Pendidik Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

#108 Lembaran Terindah (Based on True Story)