#102 Kompetensi Pendidik Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

 



Karya: Dr. Paiman, S.Pd., MM.

Buku ini (Kompetensi Pendidik Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) memberikan kajian tentang kompetensi pendidik berdasakan sebagai perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional dan sistem penilaian kesetaraan nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumberdaya manusia dari capaian pembelajaran, yang dimiliki setiap insan pekerja Indonesia dalam menciptakan hasil karya serta kontribusi yang bermutu di bidang pekerjaannya masing-masing. 

Prinsip dasar yang dikembangkan dalam KKNI adalah menilai unjuk kerja seseorang dalam aspek-aspek keilmuan, keahlian dan keterampilan sesuai dengan capaian pembelajaran. (learning outcomes) yang diperoleh melalui proses pendidikan, pelatihan atau pengalaman yang telah dilampauinya, yang setara dengan deskriptor kualifikasi untuk suatu jenjang tertentu. Terkait dengan proses pendidikan, capaian pembelajaran merupakan hasil akhir atau akumulasi proses peningkatan keilmuan, keahlian dan keterampilan seseorang yang diperoleh melalui pendidikan formal, informal atau nonformal. Dalam arti yang lebih luas, capaian pembelajaran juga diartikan sebagai hasil akhir dari suatu proses peningkatan kompetensi atau karir seseorang selama bekerja. 

Guna menghasilkan capaian pembelajaran peserta didik yang mampu menjawab tantangan zaman, maka diperlukan pendidik yang tidak hanya bisa mengajar, tetapi memiliki kompetensi yang mampu mendorong peserta didik untuk menguasai keilmuan yang dipelajarinya dengan baik dan berkualitas.  Dan buku ini akan memberikan gambaran jelas tentang kompetensi yang harus dikuasai pendidik pada jenjang IV, V dan VI, meliputi sikap dan tata nilai, kemampuan kerja (sebagai pendidik), pengetahuan, serta hak dan kewajiban. Pendidik dapat memahami kompetensi, unit kompetensi dan indikator capaian kompetensi sebagai pendidik. Dengan membaca dan memahamai buku ini, pendidik dapat mengukur capaian kemampuan dirinya dalam mengajar.


Komentar

  1. Buku ini penting untuk memberikan pencerahan, karena selama ini belum ada yang membahas kompetensi guru berdasarkan sudut pandang KKNI

    BalasHapus
  2. Semoga dapat berguna bagi para pendidik di Indonesia, dan memberikan sudut pandang yang berbeda di dunia pendidikan kita

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

#107 Prinsip Kepemimpinan Penggerak

#108 Lembaran Terindah (Based on True Story)